Halaman

Minggu, 03 November 2013

Warni-Warni Si Manis Si Penggoda...



     Belakangan ini banyak berbagai macam makanan yang menarik, salah satunya kue, baik kue kering maupun basah. Berbagai inovasi pembuat kue telah dilakukan untuk menarik minat. Dengan cara membentuk ataupun menghias si kue agar menarik peminat. Salah satunya dengan cara memberi pewarna makanan pada kue-kue tersebut. Nah kali ini kita akan membahas mengenai kue-kue yang unik dan lezat tentunya dengan hiasan dan aneka kue warna-warni yang menggoda .



1. Macaron





     Macaron kue yang imut dan berwarna cerah ini tengah naik daun di dunia pastry. Meski termasuk pendatang baru di dunia kuliner Indonesia, macaron atau juga dikenal dengan macaroon sudah lama populer di belahan bumi Eropa, khususnya Perancis. Cita rasanya sendiri didominasi oleh rasa gurih almond yang berpadu selaras dengan aneka rasa isi, seperti vanila, kopi, cokelat, buah-buahan, kelapa, hingga green tea. Teksturnya renyah di luar tetapi lembut dan sedikit chewy di dalam. Saat dimakan, langsung lumer di mulut. Yummy!
     Membuat macaron membutuhkan ekstra ketelitian dalam membaca / mengikuti resep dan ketepatan dalam hal mengukur bahan, membuat adonan, dan menentukan suhu oven yang tepat untuk memanggang. Meski terdengar cukup rumit, bukan berarti Anda tak bisa membuatnya sendiri di rumah. Jangan berkecil hati bila adonan pertama Anda gagal. Dengan terus berlatih dan mengikuti tips sukses yang kami berikan, Anda pasti bisa membuat macaron yang sempurna. Bila sudah menguasai tehnik membuat kulitnya, Anda tinggal berkreasi membuat macaron dalam berbagai warna dan variasi filling.

2. Rainbow Cake





     Rainbow cake adalah kue berlapis dengan perpaduan warna pelangi. Kue ini sengaja dibuat oleh Kaitlin saat pesta perpisahan sahabatnya. Kecintaan sahabatnya pada pelangi dan lemon, membuat Kaitlin ingin memberikan sesuatu yang berbeda. Ia ingin membuat kue di mana saat dipotong akan memberikan nuansa pelangi dengan aroma citrus. Kue Rainbow Cake saat ini sedang banyak digemari oleh masyarakat, khususnya bagi mereka yang menyukai cake. Selain memiliki rasa yang enak, tampilan Rainbow Cake sendiri sangatlah cantik, dengan warna pelangi.
     Rainbow Cake ini menjadi sangat populer setelah ramai diperbincangkan dalam jejaring sosial. Bahkan salah satu acara televisi Amerika The Martha Stewart Show pun tertarik untuk mengulasnya. Dalam acara ini Kaitlin Flanerry si penulis blog whisk-kids sekaligus penullis resep Rainbow cake diundang langsung pada bulan April 2010.
     Selain menceritakan tentang blog dan kuenya, mahasiswi ini juga mendemokan cara pembuatan rainbow cake di depan masyarakat Amerika Serikat. Semenjak itu Kailtlin pun semakin populer dengan kue racikannya.

http://id.wikipedia.org/wiki/Kue_pelangi

3. Cup Cake






     Berkembang di Amerika, pada abad ke-19, cupcake mungkin memiliki ukuran mini, tapi tidak harus selalu begitu. Dijuluki demikian karena bahan-bahan yang dipergunakan biasanya ditakar dalam ukuran cup (mangkok), bukan ditimbang. 
Tradisi ini selanjutnya berkembang menjadi kebiasaan. Awal mulanya, cupcake sering pula disebut kue “angka”, karena takaran pengukurannya sangat mudah diingat. 
     Misalnya, satu mangkok mentega ditambah dua mangkok gula pasir ditambah tiga mangkok tepung ditambah semangkok susu dan satu sendok soda kue. 
Berkembang kemudian orang-orang mulai membuat cetakan cupcake dalam wadah kaleng yang disebut Muffin tins, yang mulai populer sekitar abad ke-20. Dewasa ini, cupcake sudah menjadi sangat bervariasi, mulai dari komposisi bahan baku, ukuran, bentuk dan dekorasi.



    Keunikan Cupcake adalah bentuknya yang mungil dan cantik, dan rasanya yang enak. Ketika membeli kue ini, sayang rasanya untuk memberi gigitan pertama karena bentuknya yang begitu menggemaskan. Cupcake banyak dijadikan pilihan untuk hantaran natal, idul fitri, tahun baru, perayaan kelahiran bayi, goodie bag, bayi satu bulan, ulang tahun, bahkan untuk pesta pernikahan. Cupcake tersedia dengan bermacam-macam tampilan dan rasa. Baik bentuk dan tampilan cupcake pun bisa disesuaikan dengan momen yang ada .


4. 




     Cake yang satu ini tak kalah populer. Varian dari Red Velvet Cake ini beraroma blueberry dengan sapuan krim beraroma peppermint. Rasanya legit dan lembut teksturnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar